Rabu, 21 Agustus 2013

Pengantar-Globalisasi dan Ekonomi Islam


 It has been said that arguing against globalization is like arguing against the laws of gravity” (Kofi Annan)

Kemajuan teknologi yang begitu pesat dan peradaban budaya  manusia di dunia yang bersifat dinamis semakin mendukung  terbentuknya warga dunia. Masyarakat dunia saling berhubungan, berinteraksi, dan berpengaruh bagi lingkungannya. Inilah yang kerap disebut dengan globalisasi.

Aktivitas ekonomi menjadi kegiatan masyarakat dunia yang tak terpisahkan. Kompleksitas permasalahan ekonomi semakin tinggi dengan semakin tingginya tingkat dependensi antarnegara. Krisis di suatu negara dapat berpengaruh di negara lain dalam kurun waktu singkat. Kelangkaan dan bencana di suatu negara berpengaruh pada aktivitas di belahan dunia lainnya. Ilmu ekonomi sebagai suatu disiplin ilmu diharapkan mampu mengkaji permasalahan-permasalahan ekonomi dewasa ini.

Umer Chapra dalam “Global Economic Challenges and Islam” menyebutkan tiga tantangan ekonomi global saat ini di antaranya: (1) bagaimana memperkenalkan suatu kondisi global yang harmoni, (2) bagaimana menggunakan sumber daya yang terbatas jumlahnya untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan, dan (3) bagaimana memanfaatkan insitusi-institusi secara efektif dalam rangka pembangunan ekonomi dan harmoni sosial. Ketiga tantangan ini menjadi hal-hal yang selalu menarik untuk dikaji sebagaimana Chapra mengungkapkan peran Islam. "Islamic principles uphold respect for others, tolerance and peaceful co-existence."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar