Rabu, 21 Agustus 2013

How To Be A Good Consumer with Islam


oleh Ari Nurahma (Ilmu Ekonomi 2012)


Salah satu aktivitas ekonomi yang erat dengan kehidupan kita sehari-hari adalah konsumsi. Dalam pengertian umum, konsumsi dapat diartikan mengurangi atau menggunakan nilai dari suatu produk, baik barang maupun jasa. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan.

            Sebagai agama sempurna yang menyentuh segala aspek kehidupan manusia, Islam tentu mengkaji masalah konsumsi. Dalam Islam konsumsi bukanlah semata-mata tindakan untuk memuaskan kebutuhan, tapi merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT. Maka dalam Islam konsumsi tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Ada aturan-aturan dalam rangka pemunuhan kebutuhan tersebut.

            Abdul Mannan mencetuskan lima prinsip dasar dalam melakukan konsumsi, yaitu:

1.  Prinsip Keadilan

Apapun yang kita konsumsi haruslah halal dan tidak menyalahi aturan yang ada dalam upaya pemenuhannya maupun penggunaannya.

 

2.  Prinsip Kebersihan

Tidaklah baik bila apa yang kita konsumsi itu merupakan hal yang menjijikkan atau juga tidak jelas kebersihannya.

 

3.  Prinsip Kesederhanaan

Allah tidak menyukai orang yang mengkonsumsi secara berlebihan. Hal ini dijelaskan dalam Q.S. al-A’raaf ayat 31.
“…..makan dan minumlah, tetapi jangan berlebih-lebihan; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.”

 

4.  Prinsip kemurahan hati

Diharapkan kita melakukan konsumsi dengan segala kemurahan hati, tidak serakah dan sebagainya.

 

5.  Prinsip moralitas

Jangan mengesampingkan moral kita saat mengkonsumsi. Manusia mempunyai hati dan akal untuk membedakan mana yang baik dan buruk. Konsumsi pun harus memperhatikan aspek ini.

 

            Yang paling penting dalam Islam konsumsi merupakan sarana, bukan tujuan satu-satunya. Pada akhirnya kita mengkonsumsi dalam rangka ibadah kepada Allah SWT. Maka tentunya dalam ibadah itu kita harus memperhatikan tata-cara dan penerapannya secara benar. With Islam, you can be a good consumer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar